Bagaimana Memaksimalkan Hasil Tes Minat Bakat Anak?

Anak anda pernah atau akan mengikuti tes minat dan bakat? Jika pernah, tentu akan ada berbagai kemungkinan potensi yang bisa dikembangkan oleh anak anda berdasarkan hasil tes tersebut. Biasanya hasil tes ini akan tertuang dalam selembar kertas berisikan data-data serta kemungkinan potensi, bakat, kepribadian, ataupun jenis profesi yang cocok nantinya cocok dengan anak anda. Ada banyak macam tes minat dan bakat anak yang bisa dilakukan. Namun apa yang selanjutnya harus anda lakukan dengan adanya hasil Tes minat bakat anak yang sudah dijalani? Tentu saja peran orang tua tetap tidak dapat ditinggalkan dari keberhasilan anak di masa depan. Berikut ini hal-hal yang bisa orang tua lakukan untuk memaksimalkan potensi anak sesuai hasil tes yang dijalaninya:

Pelajari Hasil Tes Secara Detail

Hasil Tes minat bakat anak sering kali masih cukup absurd, dimana rata-rata hasilnya merupakan suatu kemungkinan. Misalnya saja hasil tes tersebut menunjukan potensi anak anda bergerak di bidang seni, disebutkan contohnya seperti musisi, pelukis, maupun penari. Namun kembali lagi ini adalah contoh, dimana tidak harus anak menjadi seperti itu. Anda sebagai orang tua wajib memahami kemungkinan tersebut, termasuk dengan menginterprentasikan kata “bidang seni” tersebut dalam berbagai kemungkinan mulai dari desainer grafis, pematung, pengrajin barang seni, fotografer, videografer, dan masih banyak hal lain yang bisa diturunkan dari bidang seni. 

Berbicaralah tentang Potensi anak

Selanjutnya anda bisa mengobrol dengan anak anda tentang bidang yang direkomendasikan dari hasil test tersebut. Misalnya hasil tes menunjukan bahwa anak anda tertarik di dunia ilmu pengetahuan, maka anda bisa membawa arus pembicaraan soal alam semesta, fenomena alam, robotik, maupun tentang dunia hewan. Anda bisa mengamati topik seperti apa yang membuat anak anda tertarik dan antusias. Bisa jadi anak anda lebih tertarik membicarakan soal robot dibandingkan dengan kehidupan hewan atau sebaliknya. Hal ini bisa menjadi fokus anda dalam mendukung perkembangannya kelak.

Sediakan Jalan Atau Wadah yang Sesuai. Dari Tes minat bakat anak tersebut juga bisa memberikan gambaran pada anda kemungkinan-kemungkinan yang bisa anda lakukan untuk mendukungnya. Mulai dari menyediakan peralatan yang mendukung bakatnya, mengajak ke tempat-tempat edukasi khusus, hingga mencari berbagai jaringan yang kelak bisa mendukung anak anda. Misalnya akan anda berminat dan berbakat di bidang videografi, maka tidak ada salahnya anda memberinya sebuah kamera video untuk dipelajari.

Kenalkan pula pada rekanan atau sahabat anda yang bekerja di bidang tersebut. Dorong pula anak anda untuk mengikuti kursus videografi maupun kompetisi-kompetisi untuk semakin meningkatkan kreasi dan potensinya. Tentu saja anda memiliki daya dan jaringan yang lebih luas dibanding anak anda sehingga andalah yang secara tidak langsung harus lebih aktif daripada anak anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *