Cara Mengetahui Bakat Anak

Peran Orang Tua Untuk Menemukan cara mengetahui bakat anak Agar Tidak Salah Asuh

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal serta mampu memaksimalkan setiap talenta yang dimilikinya. Agar talenta-talentanya dapat berkembang dan tumbuh bertahap secara maksimal, tentu hal-hal tersebut harus dilatih sejak dini dan terfokus. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini pendidikan formal mengajarkan terlalu banyak ilmu pengetahuan yang harus dihafalkan sehingga membuat anak menjadi tidak fokus mempelajari hal yang menyenangkan baginya. Akibatnya, anak menjadi kebingungan ketika masanya ia harus menentukan tahapan-tahapan penting dalam kehidupannya, seperti menentukan jurusan kuliah hingga pekerjaan yang akan ditekuninya kelak. Menjadi tugas orangtua untuk mengembangkan apa yang tidak diberikan oleh pendidikan formal. Berikut ini cara mengetahui bakat anak dari kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan orangtua:

Membiarkan anak bereksplorasi

Anak-anak memiliki rasa penasaran yang tinggi, terlebih bila ia menemukan hal-hal baru dalam hidupnya. Rasa penasaran ini akan membuatnya bertanya akan banyak detail tentang hal baru tersebut. Biarkan dia mengutak-atik dunia barunya hingga ia sendiri memutuskan meneruskan atau berhenti dengan eksplorasinya. Bila berlanjut, anda dapat mengartikan bahwa ia memiliki minat serta bakat di bidang tersebut. 

Membangung Komunikasi Yang Positif

Tidak hanya melihat dan membiarkan anak, komunikasi juga menjadi hal penting yang tidak boleh anda lewatkan. Mengobrolah dengan anda, dimana anda menjadikan anak sebagai pusat obrolan. Komunikasi yang positif dengan anak berarti anda membuka diri pada hal-hal yang ingin anak sampaikan, terlebih tentang hal yang menarik minatnya. Sebisa mungkin, hindari untuk melarangnya melakukan suatu hal atau ide selama itu positif. 

Mendorong Anak Untuk Berkompetisi

Kompetisi memberikan ruang tumbuh kembang pada keyakinan dan kepercayaan diri anak. cara mengetahui bakat anak adalah mengajaknya untuk mengikuti perlombaan sesuai dengan bidang yang ia sukai dan menjadi bakatnya. Tidak melulu harus bidang pelajaran, karena banyak perlombaan di sektor kreatif juga bisa diakomodasi. Tanamkan padanya untuk tidak peduli pada menang atau kalah, yang terpenting adalah ia berani mencoba. Biasakan pula untuk melakukan evaluasi untuk menemukan kekurangan dan memperbaiki hal tersebut. Tentu saja anda sebagai orang tua juga harus memiliki kesamaan pandangan, dan tentunya tidak memaksakan siapapun agar anak anda menang.

Memberi Kebebasan Untuk Memilih

Hal yang sangat jarang  dilakukan oleh orang tua saat ini adalah memberikan kebebasan pada anak untuk memilih sejak usia dini. Kebebasan memilih ini dapat membuat anak tidak ragu mencoba hal-hal baru, serta dapat lebih bertanggung jawab menerima hasil pilihannya. Memaksakan anak pada keinginan anda justru membuat anak memendam banyak hasrat yang dapat membuatnya mudah menyalahkan situasi. 

Mengikutkan Tes Minat dan Bakat Anak

Mengikuti tes minat dan bakat anak juga bisa anda lakukan untuk melihat apa saja potensi anak anda. Hasil tes yang ada dapat menjadi cara mengetahui bakat anak yang baik untuk mengarahkan anak anda secara tepat. Salah satu tes yang bisa dilakukan adalah dengan metode analisis sidik jari seperti yang diterapkan oleh STIFIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *