Karakter Feeling ekstrovert STIFIn

Jika sebelumnya kita telah berbicara mengenai kepribadian Feeling introvert, sekarang saatnya kita berbicara mengenai kepribadian Feeling ekstrovert. Apakah Anda ingat perbedaan antara introvert dan ekstrovert dalam konsep STIFIn? Jika pada psikologi, Anda lebih mengenal Introvert sebagai orang yang pendiam dan Ekstrovert sebagai orang yang aktif dan mudah bergaul, maka pengertian introvert dan ekstrovert dalam konsep STIFIn sedikit berbeda.

Pada intinya, introvert dan ekstrovert dalam konsep STIFIn tidak selalu seperti yang umumnya dijelaskan. Sederhananya, seorang introvert tidaklah selalu seorang yang pendiam, tidak mudah bergaul, dan mudah kehabisan energi. Begitu juga dengan ekstrovert. Seorang ekstrovert tidaklah selalu seorang yang aktif, pandai bergaul, dan memiliki bakat menjadi sesosok pemimpin.

Yang mempengaruhi apakah anak Anda adalah seorang introvert atau ekstrovert adalah strata genetik dalam diri kita. Sebagai informasi, terdapat 5 strata genetik dalam diri kita. Apa sajakah itu? Jenis Kelamin, Mesin Kecerdasan, Kemudi Kecerdasan, Kapasitas Otak, serta Golongan Darah. Nah, pada strata kedua, yaitu Mesin Kecerdasan, terdapat 5 tipe kepribadian. Kepribadian tersebut yaitu Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan juga Insting. Nah, kali ini, kita akan membahas mengenai Feeling ekstrovert.

Feeling ekstrovert atau biasa disingkat sebagai Fe yang merupakan bagian dari Mesin Kecerdasan. Sebagai informasi, Mesin Kecerdasan akan beralih fungsi menjadi sebuah kepribadian apabila berjalan bersama dengan Kemudi Kecerdasan. Apa pula itu Kemudi Kecerdasan? Disinilah letak introvert serta ekstrovert berada. Ketika Feeling berjalan bersama dengan ekstrovert, maka telah membentuk sebuah kepribadian. Huruf F pada kata Feeling ditulis lebih besar karena perannya sebagai Mesin Kecerdasan juga lebih besar dari Kemudi Kecerdasan.

Pengertian sederhananya dari Feeling ekstrovert ini adalah bahwa jenis kepribadian ini didasarkan pada kecerdasan emosi serta perasaan. Yangmana, proses kerjanya dikemudikan oleh luar diri kita menuju dalam diri kita. Sistem operasi otak jenis kepribadian Feeling ekstrovert ini ada di belahan otak bagian bawah dill limbik kanan. Jenis kepribadian ini berada di lapisan abu-abu yang terletak di luar permukaan otak. Bagian inilah yang kemudian menjadi sistem operasi Feeling ekstrovert atau Fe. 

Bagaimana dengan sifat khas dari jenis kepribadian Fe ini? Jika dilihat dari sudut pandang psikologi, jenis kepribadian Feeling ekstrovert ini memiliki sifat yang khas yang berbeda dengan delapan kepribadian yang lain. Jika dilihat dari konsep STIFIn, terdapat sepuluh kepribadian yang menjadi sifat khas jenis kepribadian Fe ini. Sepuluh sifat tersebut adalah empati, toleran, komunikatif, pendengar, simpati, afeksional, persuasif, memberi, penuh perhatian, serta membimbing.

Lebih lanjut, orang-orang dengan kepribadian Feeling ekstrovert memiliki sisi-sisi diametral. Sebagai contoh, meski mereka adalah pendengar yang baik, namun mereka sebetulnya berhati kenyal. Meski mereka peduli, mereka sebetulnya acuh terhadap permasalahan orang lain. Untuk memastikan kepribadian anak Anda, Anda dapat mengikuti tes bakat anak melalui sidik jari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *